5 Manfaat Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Alkohol Bagi KesehatanMeski dianggap sebagai minuman yang dapat mematikan, namun dibalik itu konsumsi alkohol juga dapat bermanfaat. Penggunaan alkohol yang tidak disalahgunakan akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Apa saja manfaat yang bisa anda ambil dari konsumsi alkohol?untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Alkohol merupakan adalah kelompok senyawa yang mengandung satu atau lebih gugus fungsi hidroksil (-OH) pada suatu senyawa alkana. Jika alkohol diminum secara terus menerus maka akan memberikan  efek ngantuk, tidak sadarkan diri, dan mabuk karena memiliki sifat racun, namun tidak hanya memberikan efek yang negatif ternyata akohol juga dapat memberikan efek yang positif bila digunakan dengan benar. Manfaat alkohol yang dapat anda gunakan yaitu sebagai kecantikan wajah atau penggunaan untuk dunia medis.

5 Manfaat Alkohol Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh

Seseorang yang mengkonsumsi alkohol biasanya akan merasakan tidak sadar diri, namun siapa sangka jika alkohol ternyata juga memiliki manfaat terutama bagi kesehatan. Ada beberapa manfaat yang bisa diberikan dalam alkohol untuk kesehatan yaitu :

  1. Membantu untuk memperbaiki kualitas tidur.
    Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa efek dari alkohol yaitu dapat membuat seseorang menjadi ngantuk, Untuk mendapatkan manfaat ini bisa dicoba dengan mengkonsumsi alkohol sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.
  2. Menjaga kesehatan kardiovaskular.
    Dengan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang sedang dapat membantu anda untuk perbaikan dalam faktor-faktor yang mempengaruhi pembekuan darah. Proses ini dapat mencegah pembentukan gumpalan darah kecil yang dapat memblokir arteri di jantung, leher, dan otak, penyebab utama banyak serangan jantung dan stroke.
  3. Mengurangi resiko terjadinya stroke.
    Jenis stroke yang dapat dikurangi dalam konsumsi alkohol dalam batas yang wajar yaitu stroke hemoragik. Jenis stroke yang satu ini disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju organ otak.

    Baca Juga : Pertolongan Pertama Pada Penderita Stroke.

  4. Dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah.
    Jika anda konsumsi dalam dosis yang cukup rendah maka akan membantu anda untuk membersihkan timbunan lemak pada pembuluh arteri  yang akan beresiko pada jantung dan mencegah serangan jantung.
  5. Dapat mengurangi batu ginjal dan meningkatkan kehangatan pada tubuh.
    Pada umumnya, mengkonsumsi alkohol akan membuat tubuh seseorang hangat. Selain itu juga konsumsi alkohol dalam batas yang normal juga bisa membantu mengurangi penyakit ginjal.

Batas aturan yang dapa anda gunakan untuk toleransi tubuh terhadap alkolhol dalam sehari yaitu sebagai berikut :

  • 100 ml
    Dalam sehari tubuh manusia bisa menampung 100 ml wine atau anggur dalam satu takaran. Sedangkan untuk lebih dari 100 ml tubuh tidak akan bisa mentoleransinya.
  • 285 ml
    Untuk takaran yang kedua manusia bisa mengkonsumsi alkohol sebanyak 285 ml dimana kadar alkoholnya lebih rendah yaitu sekitar 5 persen saja. Minuman beralkohol dengan kandungan alkohol sebanyak 5 persen merupakan alkohol dalam jenis golongan A dimana etanolnya tidak lebih dari 5 persen contohnya adalah bir.

Meskipun banyak manfaat untuk kesehatan tubuh namun anda juga perlu mengingat bahwa terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dapat membahayakan tubuh dan kesehatan.

Sekian & Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *