Penyebab Stroke Sebelah Kiri Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Stroke Sebelah Kiri – Stroke ? siapa yang tidak tahu dengan penyakit yang satu ini. Stroke merupakan suatu kondisi dimana ketika pasokan darah yang menuju ke otak terganggu. Tanpa pasokan darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga hal ini menyebabkan sel-sel pada sebagian otak akan mati. 

Stroke merupakan suatu penyakit yang menyebabkan kematian nomor satu didunia. Itu sebabnya, jika seseorang mengalami stroke sebaiknya segera untuk mengobatinya. Karena jika tidak, maka kemungkinan besar akan memicu komplikasi yang akan menyebabkan kematian. Penyakit stroke ini dapat menyerang satu sisi atau bahkan keduanya. Namun yang paling sering, biasanya stroke akan menyerang hanya satu sisi saja, yaitu sisi kiri maupun sisi kanan. 

Penyebab Stroke Sebelah Kiri

Stroke yang terjadi pada sebelah kiri biasanya terjadi karena stroke yang menyerang otak sebelah kiri. Untuk penderita stroke pada bagian kiri, biasanya lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan kaum laki-laki. Stroke yang terjadi pada bagian sebelah kiri tergolong pada stroke dengan risiko yang sangat parah. Mengapa ? hal ini karena stroke pada bagian kiri menyerang otak bagian kiri yang dimana berfungsi sebagai daya ingat manusia. 

Penyebab Stroke Sebelah Kiri Yang Harus Diwaspadai

Berikut adalah beberapa penyebab stroke sebelah kiri : 

  1. Usia 
    Penyebab utama terjadinya stroke sebelah kiri yaitu usia. Biasanya seseorang yang terkena stroke sebelah kiri lebih sering dialami oleh orang yang berusia kira-kira diatas 55 tahun. Memang pada usia tersebut, seseorang memiliki risiko yang sangat rentan untuk terserang berbagai jenis penyakit termasuk penyakit stroke yang satu ini. 
  2. Jenis Kelamin 
    Selain usia, ternyata faktor jenis kelamin juga bisa menjadi penyebab stroke sebelah kiri. Berdasarkan dari penelitian, ternyata laki-laki lebih tinggi terkena stroke sebelah kiri dibandingkan dengan wanita. Hal ini memungkinkan disebabkan karena 60% laki-laki didunia sering merokok. 
  3. Penyakit Hipertensi 
    Hipertensi atau biasa disebut dengan darah tinggi juga merupakan penyebab tertinggi seseorang terkena stroke. Selain hipertensi, kurang beristirahatpun  bisa menyebabkan terkena stroke. Oleh sebab itu, sebaiknya kita mulai dengan melakukan pola hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan berisirahat yang cukup. 
  4. Obesitas
    Nah bagi anda yang memiliki berat badan yang berlebih, sebaiknya kurangi dari sekarang dengan melakukan beberapa olahraga dan mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak, yang dapat membantu anda menurunkan berat badan. 
  5. Perokok Aktif 
    Seorang perokok aktif akan sangat cenderung terkena stroke. Hal ini karena orang-orang yang merokok memiliki kadar fibrinogen pada darah yang akan mengakibatkan penebalan pada pembuluh darah. Sehingga pembuluh darah menjadi kaku, sehingga menganggu aliran darah menuju jantung. 
  6. Hiperkolestrolemia 
    Hiperkolestrolemia merupakan salah satu penyebab stroke sebelah kiri. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar kolesterol dalam darah. Yang dimana kolesterol ini merupakan suatu zat yang menyebabkan aliran darah menjadi terhambat. Kolesterol yang tinggi ini membuat tumpukan plak-plak pada pembuluh darah yang menganggu aliran darah dari jantung menuju otak. 
Baca juga : Cara Mencegah Stroke Pada Remaja
Sekian & Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *